Kampusku.Com: Pengaruh Kepemimpinan dan Stres Kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2

Cari Makalah

Tuesday, December 11, 2018

Pengaruh Kepemimpinan dan Stres Kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada era masyarakat ekonomi asean (MEA) sekarang ini persaingan semakin kompetitif. Persaingan dalam dunia bisnis pun semakin ketat di karenakan banyaknnya pesaing dalam bidang yang sama. Suatu organisasi ataupun perusahaan berusaha mengikuti arus globalisasi yang ada agar tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya. Setiap perusahaan dituntut untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan manajemen perusahaannya demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sebagaimana yang telah kita ketahui, sumber daya manusia menjadi unsur utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan, peralatan yang handal ataupun canggih tanpa peran aktif dari SDM tidak berarti apa-apa. Selain itu, sumber daya manusia merupakan salah satu unsur masukan (input) yang bersama unsur lainnya seperti modal, bahan baku, mesin, dan teknologi diubah menjadi prosen manajemen keluaran (output) berupa barang atau jasa Karena itu, Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kualitas SDM yang mengawakinya, SDM tersebut akan baik kualitas dan kinerjanya bila dipimpin dan dikelola dengan baik. Untuk dapat mengelola SDM dengan baik, setiap pimpinan dan manajer serta bagian yang menangani SDM harus mengerti dan memahami masalah manajemen SDM yang ada..
Menurut Setiawan, B. A dan Muhith, A (2013;13), Kepemimpinan adalah proses perilaku memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Dengan demikian seorang pemimpin yang memiliki pola kepemimpinan yang baik dapat lebih mudah untuk mengatur dan mengarahkan bawahannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sebaliknya dengan pola kepemimpinan yang buruk dapat memicu munculnya stres kerja pada karyawan atau bawahannya. Hal ini dapat mengakibatkan menurunnya kinerja karyawan. Keseluruhan waktu hidup manusia lebih sering dihabiskan untuk bekerja. Oleh karena itu, selain dari masalah keluarga, masalah dalam pekerjaan juga dapat menimbulkan stres kerja. stres dalam dunia kerja dapat dilihat mulai dari awal saat mencari pekerjaan, saat telah bekerja, sulitnya mempertahankan pekerjaan, saat dilakukan rotasi kerja atau mungkin ketika dipecat dari sebuah pekerjaan. Semua hal tersebut menggambarkan bahwa dunia kerja tidak akan pernah lepas dari sebuah stres kerja. Stress kerja dapat dialami oleh siapapun dengan jenis pekerjaan apa saja, semakin besar suatu perusahaan, maka semakin banyak juga karyawan yang bekerja di dalamnya, sehingga semakin besar pula kemungkinan masalah yang timbul di dalamnya dan salah satu masalah penting yang harus di perhatikan oleh perusahaan adalah stres kerja. Menurut Mangkunegara, A. P (2013;157) “stress kerja adalah perasaan stres yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaan.”. Akan tetapi, masalah yang ada pada sumber daya manusia menjadi tantangan bagi seorang pemimpin, karena apabila sumber daya manusia dalam perusahaan dapat berjalan dengan efektif, maka perusahaan pun akan berjalan efektif, dengan kata lain kelangsungan hidup perusahaan tergantung dari kinerja karyawan yang ada di dalamnya. Suwatno dan Priansa, D. J (2014:196) menyatakan bahwa kinerja karyawan merupakan performance atau unjuk rasa. Kinerja dapat pula diartikan sebagai prestasi kerja atau pelaksanaan kerja atau hasil unjuk kerja. Kinerja karyawan meliputi kualitas dan kuantitas output serta keandalan dalam bekerja. Dengan adanya kinerja karyawan yang baik, diharapkan juga akan memperbaiki pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu dengan meningkatkan potensi kinerja karyawan yang ada dengan mengembangkan keterampilan dan kemampuan dari setiap individu karyawan dengan cara pemberian pelatihan, reward serta jenjang karier yang jelas. Dengan hal itu di harapkan karyawan mampu meningkatkan kemampuannya dan mempunyai motivasi untuk dapat meningkatkan kinerjanya.
Kinerja setiap karyawan tergantung pada dukungan yang ada di dalamnya , seperti bentuk sarana dan prasarana, pemilihan teknologi, serta kenyamanan di lingkungan kerja, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai akan sangat membantu karyawan agar lebih efisien dalam bekerja, penggunaan teknologi yang maju dapat membantu memudahkan karyawan dalam mencapai hasil yang lebih maksimal dan lingkungan kerja yang baik akan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. PT. Nihon Plast Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif dengan produk-produk unggulan dalam bidang stir mobil yang sedang memperbaiki manajemen perusahaannya untuk memperbaiki pola kepemimpinan dan tingkat stress kerja karyawannya sehingga tercapainya kinerja karyawan yang maksimal. Beberapa faktor yang menghambat kinerja karyawan diantaranya manajemen produksi yang kurang baik, jenjang karir yang kurang jelas, pola kepemimpinan yang kurang baik, serta pekerjaan yang monoton. Hal tersebut memungkinkan karyawan akan mengalami stress kerja yang akan berpengaruh dengan kinerja karyawan.Berdasarkan hasil wawancara pada karyawan PT. Nihon Plast Indonesia khususnya di bagian Produksi , banyak yang mengalami kurang nyamannya dengan pola kepemimpinan yang sekarang diterapkan karena perencanaan untuk bahan baku produksi yang kurang baik berdampak pada telatnya bahan baku yang siap diproduksi, hal itu menghambat karyawan untuk bekerja sesuai dengan jam kerjanya, sedangkan pimpinan menginginkan target tetap tercapai walaupun bahan baku terlambat di awal jam kerja dan karyawan pun harus mengejar keterlambatan yang terjadi di awal produksi.
Dari hal tersebut, karyawan PT. Nihon Plast Indonesia khususnya di bagian produksi 2 merasa tertekan dengan pekerjaannya yang akan berdampak pada menurunnya kinerja karyawan. Disisi lain, pekerjaan monoton yang dikerjakan oleh karyawan akan berdampak pada menurunnya kinerja karena mengalami rasa bosan yang berakibat pada munculnya stres kerja karena harus melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya selama bertahun-tahun.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka penulis menganggap bahwa permasalahan tersebut sebagai bahan untuk dilakukan penelitian skripsi dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan dan Stres Kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2”.

1.2 Rumusan Masalah
  1. Bagaimana pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja karyawan PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2? 
  2. Bagaimana pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2?
  3.  Bagaimana pengaruh Kepemimpinan dan Stres Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja karyawan PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang dikaji dalam penulisan, di antaranya:
1.    Mengetahui pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PT.Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2.
2.    Mengetahui pengaruh Stres kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT.Nihon
Plast Indonesia di Bagian Produksi 2.
3.    Mengetahui secara simultan pengaruh Kepemimpinan dan Stres Kerja
terhadap Kinerja karyawan di PT. Nihom PLast Indonesia di Bagian
Produksi 2.
1.4 Manfaat Penulisan
Dalam penulisan ini, terdapat beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di
antaranya:
a. Manfaat Untuk Universitas
Penelitian yang saya buat semoga dapat bermanfaat, Menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang ekonomi khususnya Manajemen Sumber Daya Manusia secara umum dan yang berkaitan dengan permasalahan pengaruh kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan.

b. Manfaat Untuk Penelitian
Hasil dari penelitian ini adalah syarat untuk kelulusan S1 ekonomi Manajemen yang dimulai dari ilmu dan teori yang diperoleh semasa perkuliahan untuk dapat melatih kemampuan berfikir dan sistematis agar dapat di terapkan di dunia kerja (Lapangan Kerja)

c. Manfaat Untuk Perusahaan
Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui permasalahan yang ada yang menyangkut mengenai kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan, sehingga permasalahan yang selama ini menjadi kendala bagi perusahaan dapat dipahami dan dipecahkan permasalahannya.

1.5 Batasan Masalah
Dalam penelitian kali ini hanya melakukan pembatasan masalah pada “pengaruh kepemimpinan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Nihon Plast Indonesia di Bagian Produksi 2”.

1.6 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam pembahasan laporan ini agar dapat tercapai, maka perlu diadakan uraian mengenai sistematikannya, Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Mengurai tentang yang pertama yaitu, masalah pokok skripsi yang isinya latar belakang masalah, rumusan permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, batasan masalah dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini terdiri dari landasan teori yang menguraikan teori-teori yang digunakan sebagai tinjauan/landasan dalam menganalisis batasan masalah yang telah dikemukakan kemudian kerangka berfikir dan hipotesis.
 

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini mengurai tentang waktu dan wilayah peelitian, metodologi penelitian, variabel-variabel, operasional variabel, populasi dan sampel, data dan sumber data serta teknik analisis data.

BAB IV ANALISIS dan PEMBAHASAN
Pada bab ini membahas analisis dalam penelitian serta berisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan dalam perumusan masalah.

BAB V KESIMPULAN dan IMPLIKASI MANAJERIAL
Pada bab ini merupakan penutup dari penulisan yang terdiri dari kesimpulan atau hasil analisis dan implikasi manajerial yang dianggap berguna.

1 comment:

  1. According to Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 19 KG lighter than us.

    (Just so you know, it really has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...

    Tap this link to reveal if this short quiz can help you unlock your real weight loss possibilities

    ReplyDelete